Sabtu, 08 Februari 2020

Berolahraga Lari dengan Benar, Ini Berbagai Manfaatnya





Tak ada yang membantah jika olahraga lari termasuk jenis olahraga yang cukup popular di tengah masyarakat kita. Oleh karenanya tak salah jika olahraga satu ini termasuk olahraga rakyat kebanyakan. Disamping mudah dilakukan, olahraga ini juga murah dan tentu saja menyenangkan sehingga menarik banyak orang untuk melakukannya.

Bagi banyak orang dari berbagai kalangan, olahraga lari sudah menjadi rutinitas harian atau mingguan. Mudahnya untuk melakukan olahraga ini tanpa harus menyediakan lapangan khusus, membuat olahraga lari cukup fleksibel untuk dilakukan. Untuk berolahraga lari bisa memanfaatkan stadion olahraga, lapangan terbuka, areal fasilitas umum bahkan bisa di rute jalan-jalan tertentu.

Oleh karenanya, tak heran jika pada setiap pagi hari Anda bisa menyaksikan ramainya jalan-jalan dengan aktivitas masyarakat berolahraga lari. Apalagi pada setiap hari libur, keramaian itu nyata akan makin bertambah. Bisa jadi karena alasan ini, hingga di berbagai kota kini ramai-ramai mencanangkan acara car free day di jalan-jalan protokol yang strategis.

Bagaimana olahraga lari itu menurut Anda?

Mungkin Anda mempunyai bayangan, pagi setelah bangun tidur, terus pakai sepatu, kemudian menuju lapangan untuk berlari. Begitu gampang seperti itukah olahraga lari? Ternyata olahraga lari tidak sesederhana itu, namun ada aturannya. Olahraga lari yang dilakukan dengan sembarangan tidak akan memberi manfaat apapun, justru tidak menutup kemungkinan akan membawa petaka bagi Anda. 



 Untuk itu, agar olahraga lari bisa memberi manfaat, Anda perlu melakukannya dengan benar dan jangan menganggap sepele terhadap beberapa hal penting yang tekait dengan olahraga ini, yaitu antara lain :

  • Memilih sepatu yang tepat. Untuk aman dan nyaman berlari, Anda perlu menggunakan sepatu yang memenuhi kriteria untuk berlari dan ukuran yang pas. Untuk keperluan ini, Anda bisa memilih sepatu lari running shoes league. Dengan memiliki sirkulasi udara yang baik, membuat sepatu ini nyaman Anda gunakan untuk berlari.
  • Pemanasan sebelum berlari. Dimaksudkan agar otot-otot Anda menjadi lemas dahulu sebelum berlari, karena kalau otot masih kaku bisa menyebabkan cedera otot.
  • Cukup nutrisi. Penting untuk dipenuhi karena olahraga lari cukup menguras energi. Tanpa kecukupan nutrisi, tubuh tidak akan memiliki energi sehingga bisa pusing, lelah dan lemas.
  • Perlunya istirahat. Atur waktu untuk istirahat, jangan memaksakan untuk berlari dalam jangka waktu yang lama, karena bisa membuat otot hamstring cedera.
  • Pilih waktu yang tidak terlalu panas. Waktu pagi atau sore bisa jadi pilihan untuk melakukan olahraga lari. Berlari pada cuaca yang cukup panas bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Bagi orang yang belum memahami, tentu beberapa hal di atas selama ini sering terlewatkan sehingga tidak heran jika olahraga lari yang dilakukan kurang memberi manfaat yang maksimal. Berbeda dengan olahraga lari secara benar, tentu hasilnya akan lain. Olahraga lari dengan benar, mempunyai banyak manfaat, bukan hanya untuk kesehatan fisik, namun juga baik untuk kesehatan mental dan emosi.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga lari secara benar.

1. Jantung menjadi sehat

Olahraga apapun pada dasarnya akan membuat jantung sehat, tak terkecuali dengan berlari. Semakin Anda cepat berlari, maka kebutuhan oksigen makin meningkat, dimana oksigen ini akan mengalir bersama darah dan dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Hal ini membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar.

2. Otot kaki menjadi makin kuat

Selain meningkatkan kebutuhan akan oksigen, berlari juga bisa meningkatkan fungsi dan kekuatan otot-otot kaki. Saat Anda melangkah lebih cepat, otot akan semakin fleksibel bergerak, terjadi secara berulang akan membuat otot kaki semakin kuat.

3. Menjaga berat badan

Melakukan olahraga lari bisa mengurangi kalori dalam tubuh, juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

Jika Anda malas bergerak, maka kalori dari makanan yang Anda konsumsi akan menumpuk. Akibatnya, berat badan Anda bisa naik, ini bisa meningkatan banyak risiko penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Kualitas otak meningkat

Kebutuhan oksigen yang meningkat saat berlari, bisa membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif. Maka tak jarang saat Anda sedang berlari, otak menghasilkan solusi cerdas yang bisa memecahkan berbagai masalah yang sedang Anda hadapi.

5. Kesehatan mentai meningkat

Dari segi kesehatan mental, berlari bisa mengurangi depresi, memperbaiki kualitas tidur, mengurangi kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, menambah semangat bekerja dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa manfaat berlari secara benar yang bisa Anda dapatkan. Sekarang Anda tentu sudah paham bagaimana olahraga lari yang benar itu dan manfaatnya. Untuk itu, mulai saat ini hindari berlari secara sembarangan agar olahraga Anda tidak mubadzir atau akibat buruk lainnya. 






Tidak ada komentar:
Write komentar