Rabu, 08 Mei 2019

Ini Alasan Mengapa Menyimpan Kentang Tidak Boleh Sembarangan


Semua jenis makanan membutuhkan metode penyimpanan terpisah sesuai dengan konten yang dimiliki. Salah satu jenis sayuran atau umbi yang harus diperhatikan adalah metode menyimpan kentang.

Tetapi beberapa orang tidak tahu jika kentang memerlukan metode penyimpanan khusus, sehingga mereka tidak menimbulkan efek yang benar-benar membahayakan tubuh ketika dikonsumsi. Penyimpanan kentang yang buruk tidak hanya akan membuat kentang busuk dengan cepat, tetapi juga dapat memiliki efek yang lebih berbahaya.

Seringkali, orang-orang meremehkan cara mereka menyimpan makanan tertentu dan segera memasukkan sayuran atau bahan lain ke dalam kulkas. Kulkas memiliki wadah khusus untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan. Namun, tidak semua jenis makanan baik jika disimpan di lemari es. Termasuk kentang, Anda tidak harus menyimpannya di lemari es.

Pada halaman Instagram @ cookin.id, kentang tidak boleh disimpan di lemari es. Jika kentang disimpan dalam suhu dingin, pati dalam kentang akan berubah menjadi gula.

Tidak hanya itu, kentang tua yang disimpan dalam kulkas akan menghasilkan zat akrilamida yang sangat karsinogenik atau dapat memicu kanker setelah diproses dengan menggoreng atau membakar.

Kentang juga mengeluarkan gas etilen yang akan menyebabkan buah-buahan tertentu membusuk dengan cepat.

Jangan menyimpan kentang di tempat yang sama atau di dekat apel, pisang, dan pir, karena akan menyebabkan tiga buah membusuk dengan cepat.

Hal lain yang sering dilakukan adalah mencuci kentang sebelum menyimpannya. Mencuci kentang sebelum disimpan dapat meningkatkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak lebih cepat sehingga kentang mudah rusak. Cara terbaik adalah membersihkan tanah yang menempel pada kentang dengan kuas.

Apakah kentang Anda tetap berubah warna kehijauan? Ini bisa jadi karena kentang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Simpan kentang di tempat yang kering dan gelap dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menjaga kesegaran dan tidak mengaktifkan zat berbahaya.


 

Tidak ada komentar:
Write komentar